Komputer virus - Program komputer yang paling sederhana yang mereplikasi dengan cara yang ditargetkan tanpa persetujuan. Virus Komputer kontras dengan cacing dalam kegiatan ini memerlukan carrier dalam bentuk program komputer, elektronik mail, dll Virus memanfaatkan kelemahan keamanan sistem komputer atau sifat sistem dan pengalaman pengguna dan kecerobohan.
Sering keliru disebut virus adalah program berbahaya. Untuk mengontrol, menghapus dan melindungi diri dari virus digunakan program antivirus.
Selain jenis virus yang dijelaskan di atas, ada sejumlah program yang sering dianggap sebagai virus, tapi mereka tidak, karena modus tindakan tidak konsisten dengan definisi virus. Memang, tindakan mereka merugikan pengguna sistem, tetapi program ini tidak doczepiają ke file lainnya. Ini termasuk: cacing, bom logika, kelinci, palsu, dropper dan spyware.
Cacing (cacing disebut) - program yang berfungsi untuk membuat duplikat sendiri. Mereka tidak menyerang benda seperti halnya virus, tetapi hanya untuk mereproduksi diri mereka sendiri. Selain mengambil ruang pada disk juga kadang-kadang menghasilkan efek samping negatif. Worms adalah jaringan yang paling populer, di mana mereka yang tersedia untuk transmisi protokol jaringan yang berbeda di mana mereka dapat menyebar.


Bagaimana melindungi diri terhadap virus.

beberapa program yang bagus antivirus :

Baru-baru ini, survei yang dilakukan pada tahun 2007 sangat tepat untuk perangkat lunak anti-virus terbaik adalah hasil ao:
1 Kaspersky Personal Pro versi - 99,28%
2 AVK versi - 97,93%
3 F-Secure versi 2005 - 97,55%
4 eScan Virus Control versi - 96,75%

Dalam sistem operasi Windows ada dua hal sangat penting yang tidak bisa dipilih kedua-duanya secara maksimal. Keamanan komputer versus Kenyamanan Komputer. Dua sisi ini sayangnya berbanding terbalik artinya jika kita memaksimalkan yang satu maka akan ada resiko kecil bagi yang lain. Artinya jika keamanan komputer sangat maksimal maka dijamin kenyaman berkomputer berkurang. Namun keduanya ada pilihan pada titik tengah. Pembuat perangkat lunak sebetulnya kadang mengorbankan keamanan demi kegunaan, demikian juga sebaliknya dan Microsoft tidak terkecuali. Ada banyak user komputer yang mengorbankan keamanan komputer demi kenyamanan berkomputer terutama saat surfing internet. Dimulai dengan pengguna yang tertipu untuk menjalankan trojan horse, menurunkan default security, seperti dengan menonaktifkan UAC (User Account Control), mematikan patch otomatis, atau menonaktifkan built-in Windows Firewall. Itu bukan berarti tidak ada hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan Windows 7 diluar itu. Artikel ini mencakup rekomendasi untuk setiap administrator rumah atau pengguna yang ingin komputernya lebih aman, sementara disisi lain Anda masih bisa mengoperasikan komputer dan menjalankan aplikasi tertentu tanpa menyebabkan terlalu banyak masalah. Tips ini tidak akan mematikan kenyamanan berkomputer Anda namun komputer tetap aman.

Langkah 1: Aktifkan BitLocker

BitLocker Drive Encryption dapat digunakan untuk mengenkripsi setiap volume pada hard drive, termasuk boot sistem, dan bahkan removable media, seperti USB.

Langkah 2: Menaikkan UAC slider bar

User Account Control telah ditingkatkan secara signifikan untuk menjadi kurang intrusif dan lebih cerdas dalam membedakan antara yang legal dan yang berpotensi bahaya di Windows 7.

Langkah 3: Patch Setiap Waktu

Pada pengaturan default Windows 7, layanan Windows Update dikonfigurasi untuk mendownload dan menginstal file update sistem operasi dan aplikasi Microsoft pada waktu yang tepat.

Langkah 4: Instal software anti-spam dan anti-malware

Ancaman terbesar bagi sistem klien adalah Trojan horse, Outlook patch palsu, scanner anti virus palsu, codec palsu.

Langkah 5: Aktifkan SmartScreen Filter di Internet Explorer 8

Ketika anda pertama kali memulai IE8, Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengaktifkan SmartScreen Filter, yang memeriksa database lokal atau situs Microsoft untuk melihat apakah situs Web yang Anda jelajahi sebelumnya adalah aman atau ada potensi bahaya.

Langkah 6: Monitoring Komputer Anda

Seiring waktu, kebanyakan sistem mengakumulasi lebih banyak dan lebih banyak lagi program dan malah seringkali program yang tidak perlu juga dimasukkan yang akhirnya menuntut sumber daya memori.

Langkah 7: Back up data

Kita semua telah menggunakan komputer untuk waktu yang lama, dan kita tahu bahwa hal yang paling buruk bisa terjadi kapan saja. Idealnya adalah jika memiliki komputer multiyear garansi, tetapi untuk meminimalkan kerusakan ketika crash komputer Anda, pastikan untuk membuat cadangan data pengganti

sumber :

http://www.forum.wiaderko.com/id/bezpieczenstwo/59448-wirusy-robaki-keyloggery-i-inne.html

http://agussale.com/tujuh-langkah-keamanan-komputer-pada-sistem-operasi-windows-7/