Huh…

Ada diantara anak-anak sekolahan sampai anak-anak kuliahan termasuk anda sendirikan yang sedikit stress ketika akan menghadapi ujian sekolah ataupun ujian makul yang rutin dilakukan.

Terkadang, jika anda telah mengalami stress yang sedikit berlebihan maka akan timbul rasa “males” untuk belajar dan selalu berobsebsi bahwa soal ujian yang akan keluar jauh dari materi yang telah mereka pahamin. Selain itu, ada beberapa alasan lainnya , Dapat berasal dari factor intern atau eksternal.

Factor eksternal pasti berhubungan dengan sikon sekitar andalah.

Dari hal yang pasti dulu, misalnya tubuh anda sedang gag fit atau sakit jelas mempengaruhi gerak tubuh dan fikiran andakan yang akan membuat pusing. Otomatis, materi yang anda pahami atau dihapal gag akan masuk ke otak anda, max 20% saja yang diserap itupun sudah pasti. Sedangkan, factor internal yaitu diri anada sendiri, kebanyakan factor internal ini adalah gag ada kesadaran diri atau semangat untuk terus berusaha, banyak hal yang menyebabkan males dan berdampak stress.

Nah, ini ada beberapa solusi dari survey kepribadian sebagian orang untuk factor penyebab males dan stess anda dalam menghadapi ujian,:


1. Sebaiknya setelah tahu jadwal atau tanggal ujian, saya langsung menentukan jadwal kapan saya harus mempelajari materi itu sebelum hari ujiannya, karena waktu itu berharga dan displin itu perlu dalam hidup.

2. Kumpulkan bahan dan materi – materi yang telah kita pelajari bersama guru atau dosen dikelas

3. Setelah terkumpul materinya, biasanya saya males banget untuk membukanya apalagi mempelajarinya dan menghapalnya. Malahan, saya tiduran dan melamun. Nah, dari melamun saya itu saya semangat lagi untuk membuka materinya, karna selama saya melamun, saya sambil berfikir bahwa, “bagaimana saya bisa jawab soal ujian nanti, pasti susah banget soalnya kalo nyontek ntar ketahuan, terus dikeluarin, kan malu. kalo begitu saya berdoa aja deh supaya nilai ujian saya gede. tapi gag mungkinlah Allah bakal ngabulin doa saya secepat itu. Kan kata tutor rohis saya kalau doa anda dijamah sama Allah maka, berusahalah dulu, lalu berdoalah. Jadi, saya harus usaha dulu donk, dan usaha saya satu-satunya hanya Belajar, iya kan?”

Gag rugi kok kita belajar, kita malah dapet untung plus plus. Udah nambah wawasan, lalu setidaknya materi yang kita pelajarin/hapalin sebagian keluar di soal ujian dan semua itu bakal ada poinnya, terus dapet pahala deh, karena gag nyontek sama matuhin perintah sang Maha Melihat.

4. Lalu berpasrahlah terhadap hasil ujian anda nanti, karena INGAT waktu tidak dapat kembali, tapi mungkin ilmu yang dapat kembali. Dan beranilah mengambil resiko, maka penyesalan pasti datang diawal bukan diakhiran.

5. Jika Anda masih merasakan stress, maka “enjoy your life” aja dulu, tapi jangan berlebihan, ingat Allah gag suka yang namanya serba berlebihan itu kalimat saya dapat dari salah satu hadist Allah. “enjoy your life” berguna untuk membuka pikiran kalian, karena jika kalian hanya terobsebsi untuk belajar,megang buku setiap saat, dan hanya memikirkan pelajaran saat bengong dan nonton TV hanya akan membuat anda menjadi missinformation dari dunia luar. Minim informasi dan “pergaulan”. Gag bagus jugakan kalo Cuma gara-gara belajar kita jadi gag tau informasi. Nah, setelah refresing, kita harus balik ke solusi no.3 dan 4 lagi lah. Kan kadar stress anda akan berkurang.