Aplikasi TIK yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari antara lain :

1. . E-Government

Merupakan website atau blog khusus untuk lembaga pemerintahan suatu Negara biasanya website milik Negara ini memiliki domain .go.id. go ini merupakan government dan id merupakan identitas Negara kita yaitu Indonesia.

Contoh : http://sabangkota.go.id/

Tampilan :

Website ini mempunyai tampilan yang menarik, perpaduan warnanya tidak mencolok dan seimbang. Terdapat gambar-gambar yang menginformasikan dari kota Sabang tersebut. Berupa foto-foto tempat pariwisata dan foto-foto unsur muspida di pemerintahan kota Sabang.

Fitur – fitur :

Website ini menyediakan sembilan menu utama yang terdiri dari menu profil, pemerintahan, pendidikan, wisata, data, galeri, peraturan, berita dan info/event/promo. Di dalam website ini juga menyediakan tempat dimana user dapat memberi kritik dan sarannya. Kemudian terdapat tag yang berisikan berita terbaru di kota sabang serta menambahkan link-link website lain yang berhubungan dengan website ini antara lain website Bappeda kota sabang, LPSE, info penginpan, info rumah makan, info transportasi dan lainnya. Website ini lebih menginformasikan kebudayaan dan pariwisata yang terdapat di kota Sabang.

2. E-Business

adalah mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi antar rekan bisnis.

Contoh : http://www.amazon.com/

Tampilan :

Amazon.com merupakan salah satu Toko Online terbesar saat ini. Dimana situs tersebut menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer, dan barang-barang lainnya. Tampilan interfacenya biasa saja karena pada halaman depannya terdapat link produk-produk yang akan di perjual belikan. Dengan warna putih sebagai latar belakang dari tampilan depan web ini menjadikan web ini cukup sederhana.

Fitur-fitur :

- Review dan informasi rating dari buku yang bersangkutan

- Hanya perlu melakukan satu kali klik di mouse untuk membeli buku

- Search engine untuk memudahkan pencarian buku

Lalu yang menarik lagi dari Amazon.com adalah menawarkan buku dengan harga yang jauh lebih murah bahkan sampai 50% dari harga pasar. Terdapat

3. E-Learning

Merupakan website yang berbasis pendidikan. Website ini digunakan untuk belajar para pelajar untuk melakukan latihan atau mendownload materi pelajaran. Karena berbasis pendidikan website ini memiliki domain .ac.id.

Contoh ; http://elearning.upnjatim.ac.id (Universitas Pembangunan Nasional)

Tampilan :

Website ini mempunyai tampilan yang sederhana dengan perpaduan warna putih dan biru sehingga memudahkan user untuk menjelajah ke dalam website atau sering disebut user friendly.

Fitur-fitur :

Website ini merupakan website milik upnjatim yang usernya dikhususkan bagi mahasiswanya. Karena isi dari website ini adalah materi pembelajaran kuliah dari setiap fakultas dan jurusan yang ada. Disini mahasiswa wajib mendaftarkan dirinya agar bisa login dan melakukan virtual classroom, chat dan sebagainya. Selain itu pada website ini mahasiswa dapat me-download­ materi perkuliah dari dosen bersangkutan.

4. E-Health

E-Health merupakan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan.

Contoh : http://www.surabaya-ehealth.org/

Tampilan:

Website ini mempunyai tampilan yang cukup userfriendly. Perpaduan warnanya pun tidak mencolok dan disesuaikan dengan font tulisannya. Di dalamnya terdapat logo dari dinas kesehatan Surabaya serta gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan social dari e-health kota Surabaya ini. Serta dilengkapi dengan banner-banner iklan yang berhubungan dengan kesehatan

Fitur-fitur :

Terdapat tujuh menu dalam website ini yang terdiri dari menu beranda, profile, layanan dan sarana, berita, perundangan, forum, dan menu hubungi kami. Pada dasarnya, web ini menyediakan artikel-artikel yang berhubungan dengan kesehatan, kemudian menyediakan fasilitas forum agar user dapat sharing dengan user lainnya mengenai masalah kesehatan. Di dalam web ini juga terdapat tag yang berisi statistic penyakit terbanyak.

5. E-Employment

Merupakan merupakan salah satu website yang digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan untuk para pegawai. Website ini biasanya menjelaskan dengan detail pekerjaan yang dibutuhkan dan syarat yang di inginkan.

Contoh : http://infokerjaku.com/

Tampilan:

Tampilan websitenya sangat sederhana dan userfriendly karena hanya terdapat satu homepage sehingga memudahkan user dalam mencari lowongan kerja.

Fitur-fitur:

Terdapat kolom Search dimana para pelamar dapat mencari jenis perkerjaan dan lokasi yang diinginkan. Kemudian terdapat link-link yang berisikan info berbagai macam lowongan kerja dari perusahaan yang membutuhkan. Website ini juga menyediakan fasilitas pemberitahuan lowongan kerja melalui e-mail.

6. E-Environment

E-environment merupakan pengembangan teknologi dan informasi dalam memperdayakan atau mengenalkan lingkungan hidup sekitar kita.

Contoh : http://www.wwf.or.id/

Tampilan :

Tampilannya cukup menarik dengan adanya banner-banner yang berisikan himbauan untuk tetap menjaga kelestarian alam. Kemudian terdapat tampilan berita mengenai lingkungan hidup terupdate disertai gambar yang bergerak bergantian secara otomatis.

Fitur-fitur :

Pada dasarnya website ini mengajak para masyarakat untuk menjaga kelestarian hidup sekitar seperti menjaga kelestarian flora dan fauna. Maka dari itu website ini telah menyediakan fasilitas seperti kontak panda mobile yang merupakan truk enam roda yang digunakan WWF-Indonesia untuk melakukan kegiatan konservasi di area public. Kemudian terdapat artikel-artikel, galeri, lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

7. E-Agriculture

Merupakan website untuk cara bercocok tanam yang di khususkan untuk para petani atau pengunjung yang ingin tahu informasi cara menanam atau cara bertani.

Contoh : http://www.situshijau.co.id/

Tampilan:

Tampilan halaman depan dari website ini sudah serasi dengan konsep dari nama situs itu sendiri, yaitu situs hijau. Dimana pada header diberi warna ­background hijau dan terdapat slieder gambar berupa persawahan dan tanaman hijau lainya.

Fitur-fitur :

Isi dari website ini cukup sederhana. Pada homepage hanya terdapat tiga pilihan menu. Pertama menu “kolom” yang berisikan artikel-artikel, tips, galeri foto, hot news dan sebagainya. Lalu menu kedua “tanaman” dimana terdapat informasi mengenai berbagai jenis tanaman yang diantaranya dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan, tanaman hias dan lainnya.

8. E-Science

berarti electronic yang maknanya ilmu pengetahuan yang dikembangkan akan makin bergantung pada internet dan teknologi informasi.

Contoh : http://www.escience2011.org/

Tampilan:

Tampilannya baik, namun bagi orang awam yang tidak dapat berbahasa inggirs, mungkin sedikit sulit dalam menjelajahinya. Karena website ini berasal dari Stockholm, Sweden.

Fitur – fitur :

Informasi mengenai seputar ilmu pengetahuan yang diberikan cukup lengkap. Diantaranya website ini menyediakan jadwal workshop, sociap program dan organisasi yang berhubungan dengan science. Serta dilengkapi dengan update berita terbaru dan artikel-artikrl yang terkait.