JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

TUJUAN

Tujuan dari jaringan komputer itu sendiri adalah :

  • Membagi Resources atau sumber daya seperti penggunaan printer secara bersama – sama untuk menghemat kebutuhan, mengunakan CPU sebagai server dll
  • Untuk bisa berkomunikasi lebih contohnya : e-mail, instant messaging dan teleconfrence tatap muka seperti skype.
  • Akses Informasi menjadi lebih mudah dan up to date dengan membrowsing web maupun menggunkan mobile.

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitekstur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer termasuk handphone yang selalu kita bawa kemana – mana, itu adalah termasuk pengembangan dari jaringan komputer.

IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER

Dengan adanya kemajuan tekhnologi di kehidupan kita yang selalu berkembang secara pesat, jaringan komputer adalah yang termasuk mengembangkan teknologi. Seperti layaknya berita yang bisa kita akses kapanpun dan berhubungan dengan rekan maupun sanak saudara dimanapun kita berada dan sudah layak disebut sebagai kebutuhan primer. Selanjutanya kita akan membahas beberapa bidang yang sudah mengimplementasikan jaringan komputer.

a. Dunia Bisnis

Jika kita berbicara tentang bisnis pasti adakaitannya dengan income dan semua bisnis modern sekarang yang besar maupun kecil sudah menggunakan jaringan kompter untuk meraih income yang lebih besar, dari kehidupan sehari – hari kita bisa melihat beberapa contoh yaitu :

  • Warnet dengan menerapkan server bagian dari jaringan komputer.
  • Percetakan yang menerapkan membagi mesin cetak dengan beberapa PC nya.
  • Periklanan melalui media elektronik.
  • e-commerce
  • e-buisnes
  • dan masih banyak lagi yang menerapkan bisnisnya dengan bantuan jaringan komputer.

b. Mobile User

Hadirnya aplkasi jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter dll membuat kebutuhan manusia akan updatenya status sosialnya harus segera dipenuhi, dengan menggunakan mobile phone maka hal ini bisa teratasi dan tercukupi dengan bermunculan smart phone yang bisa mengakses web layaknya menggunakan sebuah PC adalah salah satu kemajuan Jaringan Komputer juga tentunya. karna dari itu bidang jaringan komputer ini sangat berpengaruh untuk kebutuhan seorang user di bagian mobile telekomunikasi.

c. Rumah

Penerapan jaringan komputer untuk rumah sudah sangat jelas, yaitu telepone rumah yang sering kita pakai adalah salah satu penerapan jaringan komputer tanpa jaringan dan komputer kita tidak dapat berhubungan. Selain dari itu ada juga yang memasang internet dengan beberapa provider juga termasuk penerapan jaringan komputer.

d. Perbangkan

Untuk bertransaksi melalui ATM, membayar telpone maupun listrik menggunakan bank lain semua itu menggunakan jaringan komputer untuk mengoptimalkan kinerja, tanpa jaringan kompter sistem tersebut tak akan jalan. Teknologi layaknya e- bangking pun juga semua tergantung dari implementasi jaringan komputer.

revisi : http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_Komputer